Karya Wisata SMPK 4 di Bandung

Setiap kali mau ada acara, aku selalu gak bisa tidur malamnya. Entah karena penasaran hari esok atau kadang aku gak sabar mau pergi. Nah begitu juga ketika karya wisata SMPK 4. Di SMPK 4 ada program karya wisata. Nah aku mau cerita tentang cerita aku ikut Karya Wisata.

Waktu itu tanggal 10 Desember 2018, kita akan melakukan perjalanan menuju Lembang – Bandung . Kita dating dan berkumpul pkl. 5.30 pagi. Setelah itu kita jalan naik bus menuju Lembang. Nah, di bus itu kita main, tidur, bernyanyi ,dan lain-lain. Setelah sampai kita langsung menuju dan masuk di Jendela Alam.

Di sana kita makan siang, bermain, dan berfoto bersama. Bahkan, ada yang menangkapikan! Di Jendela Alam sangat indah. Ada peternakan ayam, kuda, dan sapi. Kita juga belajar fase-fase telur, bedah kelinci, dan system hydroponik. Aku paling suka bedah kelinci karena, aku kagum melihat betapa kompleksnya tubuh kelinci yang kecil itu. Setelah itu kita pun pergi ketempat oleh-oleh.

Di tempat oleh-oleh, boleh belanja sepuasnya. Meskipun waktu itu hujan, kita tetap memaksakan diri untuk belanja. Setelah itu kita makan malam dengan dibalit suasana dingin. Udara Bandung memang terkenal sangat dingin, karena letaknya yang diapit oeh gunung.

Setelahm akan malam di Restoran Daun Pisang, kita lanjut menuju Hotel Sukajadi. Setelah di hotel teman saya mau beli makan, tapi dia stuck di lantai 3 karena tidak bawa kunci. Setelah itu kita istirahat dan bangun besoknya untuk kegiatan.

Esok hari, kita sarapan dan check out dari hotel. Setelah itu kita langsung berangkat menuju Saung Mang Udjo.

Di sana kita diajak bermain angklung. Kita juga belanja oleh-oleh. Kita juga menonton pertunjukan tarian, drama, dan wayang. Setelah itu, kita makan siang dan menuju ke Museum K.A.A ( Konferensi Asia Afrika).

Di sana kita belajar kapan diusulkannya K.A.A., siapa penggagasnya, dan kapan pertama kali dilaksanakan K.A.A. Di sana kita menonton sejarah K.A.A. Kita juga berfoto di ruang pelaksanaan K.A.A. resmi yang pertama kali. Pulangnya kita diberi makanan.

Diperjalanan pulang kita seperti di awal. Ada yang tidur, main, nyanyi, makan ,dll. Di jalan ternyata macet, jadi kita sampai sekolah sekitar jam 19.00. Setelah itu kita semua pulang dan besoknya libur. Yeeeeee……

Kesan saya itu acaranya bagus untuk mengajarkan kita tentang budaya dan sejarah Indonesia.