LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) Pengurus Kelas

Latihan Dasar Kepempinan (LDK) merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendalami dan memahami konsep-konsep sebuah organisasi. Tujuan lain yang akan dicapai adalah mengenai kedisiplinan siswa dalam kelompok atau diri sendiri. Hal ini juga dilakukan oleh SMPK4 Penabur pada hari Sabtu, 25 Agustus 2018. Kegiatan yang diadakan dimulai pukul 08.00-15.00 WIB, melibatkan peserta kelas 7-9.

Agenda pertama siswa dikumpulkan di aula sebagai langkah awal untuk pengenalan. Sebelum masuk ke inti dari kegiatan, siswa beserta bapak/ibu guru pendamping melakukan doa bersama, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars BPK Penabur. Setelah selesai, peserta LDK langsung melakukan kegiatan inti yang dipandu oleh tim khusus yang melatihmengenai Latihan Dasar Kepemimpinan. Peserta LDK dibagi menjadi 5 kelompok. Sistem permainannya, setiap kelompok harus mampu bekerja sama dalam tim dan harus mampu menyelesaikan permainan yang diberikan oleh panitia.

Kegiatan diakhiri dengan refleksi bersama. Refleksi yang didapat dari kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan ini adalah mengenai kerja sama, rasa percaya kepada teman dan tidak mementingkan ego sendiri. Semoga latihan kepemimpinan seperti ini tidak berakhir hanya hari itu saja, melainkan mampu diterapkan dalam kegiatan mereka sehari-hari. Acara ini diharapkan mampu direfleksikan peserta, sehingga mereka mampu menjadi lebih baik lagi.