Menumbuhkan Rasa Nasionalisme dengan Berbagai Lomba

“Ayo cepat,” “jangan sampai kalah,” “ habiskan kerupuk itu dengan cepat,” “tarik  yang kuat,” teriakan yang terdengar dari pojok-pojok sudut SMPK4 Penabur Jakarta. Suasana riuh? Pasti, seru? Jangan ditanya lagi. Hari Senin, 20 Agustus memang menjadi hari spesial bagi siswa-siswa SMPK4 Penabur Jakarta. Pasalnya untuk hari itu, mereka tidak melaksanakan proses kegiatan belajar-mengajar di dalam kelas. Hal tersebut dikarenakan SMPK4 Penabur memperingati Ulang Tahun Republik Indonesia ke-73. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi berbagai lomba, yaitu makan kerupuk, megatron, ludo, volirung (voli sarung), tarik tambang, flib botol, dan resensi.

Lomba yang dihadirkan memang memberikan semangat baru bagi mereka. Semua lomba diadakan secara bersamaan sehingga, suara saling memberi semangat saling bersautan. Hal ini berbeda dengan lomba resensi buku. Lomba resensi buku yang diadakan di perpustakaan begitu tenang dan hening. Peserta lain tidak ada yang memberikan semangat bagi yang mengikuti lomba. Hal ini disebabkan karena resensi buku memerlukan konsentrasi yang baik supaya bisa menghasilkan tulisan yang baik pula. Meskipun demikian, mereka tetap mengerjakan lomba resensi buku dengan baik juga.

Rangkaian lomba yang diadakan mulai pukul 08.00-13.00 WIB bertujuan supaya siswa-siswa SMPK 4 Penabur semakin mengingat dan menumbuhkan rasa nasionalisme mereka. Peran mereka dalam masa depan begitu besar untuk membangun negara yang lebih maju. Oleh karena itu, sekolah sebagai wadah dalam mengembangkan rasa nasionalisme harus terus memberikan dukungan melalui hal-hal sederhana misalnya, merayakan ulang tahun Republik Indonesia.

 

Editor :

Ms. Cicilia Kumara (Guru Bahasa Indonesia)