Baksos SMPK 4 PENABUR 2018

Bakti sosial atau lebih dikenal dengan baksos merupakan salah satu kegiatan dari SMPK 4 PENABUR. Kali ini SMPK 4 PENABUR mengadakan baksos dalam rangka perayaan PASKAH. Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian kepada sesama yang membutuhkan. Kegiatan bakti sosial yang telah diadakan ini bukan hanya sebagai rutinitas kegiatan sekolah tetapi juga  mengajarkan para murid untuk saling peduli, mewujudkan rasa cinta kasih, dan saling menolong bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan. Dalam kegiatan bakti sosial ini para murid akan mendapatkan banyak pelajaran, terutama pada lingkungan masyarakat. Kita sebagai manusia memliki kewajiban untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, kegiatan bakti sosial juga membantu pembentukan sikap dan kepekaan sosial dari diri para murid.

Kegiatan Baksos kembali diadakan tanggal 7 April 2018 yang diikuti oleh sebagian guru dan siswa-siswi SMPK 4 PENABUR. Puji Tuhan, kegiatan Baksos PASKAH ini dilakukan di dua tempat yaitu di Rumah Singgah “AGAPE” dan di Sekolah Kolong. SMPK 4 PENABUR kembali melakukan Baksos di Rumah Singgah “AGAPE” dengan berbagai kegiatan dan pengajaran yang dilakukan oleh para siswa-siswi SMPK 4 PENABUR sendiri. Para siswa SMPK 4 PENABUR memulai pengajaran pada pukul 08.00. Pengajaran pertama dilakukan untuk anak-anak TK yaitu dengan mengajari matematika dan bahasa Inggris serta bernyanyi dan bermain bersama-sama. Selain itu, kami juga mengajarkan suatu aktivitas untuk anak-anak usia TK sampai kelas 1 SD membuat gelas dan untuk kelas 2-6 SD melakukan aktivitas membuat decopage. Kami juga makan siang bersama. Sampai akhirnya waktu semakin siang dan kami harus berpisah dengan anak-anak di rumah singgah AGAPE dengan memberikan tanda kasih seperti goodybag untuk anak-anak yang kami layani.

Begitu juga dengan kami yang mendapat bagian dalam pelayanan di Sekolah Kolong. Pertama kalinya para siswa SMPK 4 PENABUR berkunjung di Sekolah Kolong wilayah Kalijodo, Jakarta. Para siswa maupun guru yang mendapat bagian ke Sekolah Kolong mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dengan melihat situasi dan kondisi di Sekolah Kolong ini. Sekolah kolong yang kami kunjungi berada di antara warga Jakarta yang tinggal di bawah jembatan. Segala aktivitas mereka lakukan di bawah jembatan tol. Mereka sangat bersyukur dengan keadaan sekolahnya yang masih memadai untuk belajar. Sama seperti teman-teman yang berkunjung di rumah singgah AGAPE, kami juga melakukan kegiatan dan aktivitas bersama dengan anak-anak yang bersekolah di Sekolah Kolong Kalijodo ini. Rombongan kami tiba di Sekolah Kolong lebih awal dari anak-anak sekolah kolong. Para siswa bercakap-cakap dan berkenalan dengan Pak Ali sebagai guru di sekolah kolong. Pak Ali menyambut kami dengan sukacita dan beliau juga menceritakan keadaan Sekolah Kolong ini. Kemudian kami saling berkenalan dengan anak-anak sekolah kolong ini, bermain bersama dan melakukan aktivitas bersama membuat tiedye. Para siswa SMPK 4 sangat semangat mengajari dan membantu anak-anak sekolah kolong, sehingga ada hasil tiedye yang sangat bagus. Kemudian kami makan siang bersama, yang sebelumnya kami doa makan bersama dengan dipimpin oleh Nicholas Heru. Setelah makan siang kami foto bersama dan berpamitan pulang.