Counselors Fair 2017

Counselors Fair

Sabtu, 18 November lalu BPK Penabur menyelenggarakan kegiatan Counselors Fair untuk yang pertama kalinya dengan tema ReCas, yang merupakan kepanjangan dari Reaching, Caring, Sharing. Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru BK mulai dari jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA. Pesertanya pun bukan hanya dari Penabur Jabodetabek saja, melainkan dari luar juga. Seperti Bandar Lampung, Bandung, Sukabumi, Bogor, dan masih banyak lagi. Total ada 13 kota. Counselors Fair ini diselenggarakan di SMPK 2 Penabur. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Penabur, Visi Misi Penabur, persembahan Musik Kulintang dari siswa-siswi SMPK 2 Penabur, lalu laporan ketua panitia penyelenggara kegiatan Counselors Fair yaitu Ibu Yeni (Guru BK SMAK Inter Tanjung Duren) yang juga mengajak seluruh peserta untuk sama-sama mengucapkan motto guru BK “Im a counselor, wherever I m. We are a counnselor wherever we are.” Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Pak Adri Lazuardi selaku Ketua BPK Penabur Jakarta. Disini Pak Adri mengapresiasi guru-guru BK, karena guru BK merupakan ujung tombak sekolah. Guru BK adalah guru yang paling dekat dengan siswa, guru yang membantu siswa ketika mereka mengalami kesulitan belajar di sekolah, dan guru yang bisa menjaga rahasia. Maka dari itu Beliau mendukung kegiatan ini supaya para guru BK semakin diperlengkapi lebih baik lagi.

Ada 3 sesi dalam kegiatan ini. Sesi 1 seminar dengan nara sumber Prof. Dr. H. Syamsu Yusuf, LN., M.Pd Beliau adalah dosen dari UPI Bandung dan penulis beberapa buku tentang BK. Disini beliau membahas dan mengingatkan kembali tentang BK komprehensif, dan menurut Prof Syamsu selama ini BPK Penabur telah menerapkan BK komprhensif. Kemudian sesi yang kedua dengan nara sumber Johana Rosalia Kristyanti, Ph.D. Beliau membawakan materi tentang Integritas Guru BK yang dikemas sendiri oleh Beliau dan di beri judul “I Love What I do”. Sesi yang ketiga adalah kapita selekta. Disini para peserta masuk ke kelas-kelas sesuai peminatannya. Ada beberapa kelas kapita selekta. Antara lain Pendidikan Seksualitas, Kelompok Kepedulian Orang Tua, Teknik Konseling, Bullying, dan Assesment dalam BK. Dalam Kapita Selekta ini Bapak Jimmy Tuerah guru BK SMPK 4 diberi kesempatan untuk menjadi fasilitator Assesment dalam BK. Disini Pak Jimmy membahas dan membagikan assesment yang paling sering digunakan oleh guru BK. Diantaranya adalah sosiometri yang biasa digunakan untuk melihat sosialisasi siswa di kelas, dan ITP atau Inventori Tugas Perkembangan yang biasa digunakan untuk membuat program BK sesuai kebutuhan siswa.

Seluruh peserta Counselor Fair sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Selain mendapatkan informasi dan pelajaran baru dari dalam ruang kegiatan, para peserta juga mendapatkan suatu refrensi dari stand-stand yang ada di luar ruangan. Stand-stand ini seperti pameran buku sumber, bahan, souvenir, serta foto-foto kegitan. Ada satu hal yang tak kalah menariknya adalah stand foto booth. Apapun keadaannya, guru BK selalu eksis Semoga guru BK semakin lebih baik lagi dalam melayani para siswa.

dibuat oleh Ms.Febri