SIAP GRAK !

SIAP GRAK? Apa ya maksudnya? Biasanya, saat kita sedang upacara bendera, ketika pemimpin upacara berteriak “Siap grak!” kita akan langsung berdiri tegak dan menunjukkan sikap siap.  Nah, “SIAP GRAK” di  SMPK 4 Penabur adalah singkatan dari Saya Indonesia, Saya Pancasila, Gak Rasis, Anti Kekerasan, yang merupakan tema dari MPLSB2B yang baru saja dilaksanakan pada tanggal 14, 17-19 dan 21 Juli 2017 silam.

Pada MPLS2B kali ini, para peserta datang didampingi dengan orang tua dan mengikuti briefing serta berwiyata mandala di tanggal 14 Juli. Lalu, pada tanggal 17-19 Juli, seluruh peserta datang ke sekolah dengan atribut lengkap, yaitu seragam SD, nametag, dan topi upacara. Selama 3 hari, mereka mendapatkan penyuluhan dan seminar mengenai berbagai macam hal yang perlu mereka ketahui saat beranjak ke bangku SMP, seperti profil Penabur, cara belajar yang benar, kegiatan ekstrakurikuler, bahaya NAPZA, Pramuka, dan masih banyak lagi.

Kegiatan yang paling ditunggu-tunggu adalah Character Building yang dilakukan di Kebun Raya Bogor pada tanggal 21 Juli. Di Kebun Raya Bogor, peserta MPLS2B dibagi menjadi beberapa kelompok, lalu mereka dipandu oleh tim alumni UNJ yang dipimpin oleh Kak Ronald dan dibantu oleh mentor OSIS serta guru pendamping untuk bermain sejumlah permainan seru yang dapat meningkatkan kerjasama, kesabaran, dan kekompakan. Tujuan dari Character Building ini adalah untuk mengembangkan karakter para peserta didik baru agar bisa beradaptasi dengan lingkungan SMP serta dapat menjadikan karakter siswa baru lebih baik. Semoga seluruh kegiatan MPLS2B dapat berguna untuk peserta didik kelas 7 sebagai bekal menjalani tahun ajaran baru.

 

Benedicta Kalyca K.

9B/4