Perjusa SMPK 4 PENABUR

Perjusa SMPK 4 PENABUR

Salah satu program ekstrakurikuler pramuka yang dijalankan oleh peserta didik kelas VII adalah Perjusa. Perjusa merupakan akronim dari perkemahan Jumat Sabtu. Seperti namanya, perjusa diadakan pada hari Jumat dan Sabtu. Perjusa kali ini diadakan pada 7-8 April 2017 yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas VII. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk sikap mandiri, berani, disiplin, dan rasa tanggung jawab peserta didik. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberi gambaran pada peserta didik sebagai persiapan diri untuk mengikuti jambore.

Persiapan perjusa disampaikan kepada para peserta didik seminggu sebelum kegiatan berlangsung. Setiap regu diminta untuk membawa barang-barang yang akan digunakan saat perjusa selain perlengkapan wajib yang biasa digunakan saat kegiatan ekstrakurikuler pramuka setiap minggunya. Barang-barang yang diperlukan dimulai dari peralatan makan, peralatan mandi, perlengkapan untuk tidur, sampai bahan-bahan makanan yang akan diolah. Setiap regu dengan bimbingan pembina dan wali kelas membagi tugas membawa alat dan bahan yang akan dibawa setiap anggota regu.

Pelaksanaan perjusa dimulai di hari Jumat, 7 April 2017 dengan upacara pembukaan. Setelah upacara pembukaan, peserta didik mendapat pengarahan kegiatan apa saja yang akan mereka ikuti selama perjusa. Setelah upacara pembukaan, regu-regu mengikuti kegiatan yang dilakukan di beberapa pos. Setiap pos dijaga oleh dua orang pembina yang akan dikunjungi oleh empat regu sekaligus. Kegiatan di pos dilakukan secara serentak sehingga tidak ada regu yang tidak mengikuti kegiatan pos. Pos-pos kegiatan yang ada meliputi pos tali temali, pos sandi, pos semapore, pos PBB, pos kompas, pos games, posy yel-yel, pos games musik. Setiap regu akan dinilai di tiap-tiap pos kemudian nilai itu akan diakumulasikan untuk menentukan regu yang menjadi juara. Sementara pembina dan peserta didik menjalankan kegiatan, beberapa pembina beserta beberapa peserta didik yang dipilih sedang menyiapkan makan malam untuk seluruh peserta perjusa.

Kegiatan pos-pos berakhir sesuai jadwal dan setelah itu peserta didik diberi waktu untuk membersihkan diri dan mempersiapkan talent show yang akan ditampilkan saat kegiatan api unggun. Setelah membersihkan diri dan mempersiapkan talent show, seluruh peserta perjusa makan malam dan bersiap mengikuti kegiatan malam, yaitu talent show dan renungan malam. Talent show bukan dilakukan oleh setiap regu, melainkan perwakilan setiap kelas. Sama seperti kegiatan pos, kegiatan talent show ini pun dinilai oleh para juri untuk menentukan juara. Talent show yang ditampilkan berbagai macam, mulai dari tari tradisional, modern dance, puisi berantai, drama singkat, fashion show, musik dapur, vocal group, hingga pantomim. Setelah talent show, peserta didik mengikuti renungan malam sebelum istirahat malam.

Kegiatan berlanjut keesokan harinya. Peserta didik diminta untuk bangu pagi dan mengikuti renungan pagi. Setelah itu, peserta didik mempersiapkan diri untuk mengikuti olahraga pagi. Peserta didik kembali diberi waktu untuk mebersihkan diri dan merapikan barang bawaan mereka sebelum sarapan dan upacara penutupan.

Kegiatan perjusa merupakan kegiatan yang  sangat bagus untuk para peserta didik.  Para peserta didik diajarkan untuk dapat bertanggung jawab dan disiplin. Selain itu, para peserta didik diajarkan pula untuk hidup sederhana sehingga dapat menumbuhkan rasa bersyukur atas segala sesuatu yang telah diberikan Tuhan.