Science Day 2017

Let’s Have Fun with Science

Mendengar kata science yang terlintas di benak adalah hal berhubungan dengan mata pelajaran eksakta. Namun, tidak begitu adanya. SMPK 4 PENABUR mempunyai program besar yang menarik, yaitu Science Day. Acara ini diselenggarakan bersamaan dengan pembagian rapor pada 18 Maret 2017. Acara ini bertujuan untuk menunjukkan hasil karya siswa, dari kelas 7, 8, dan 9 dalam hal science.

Apa saja yang termasuk dalam science pada pelaksanaan program ini? Bukan hanya hasil karya dalam mata pelajaran eksakta, seperti fisika, biologi dan matematika, tetapi juga dalam pelajaran keterampilan meliputi hasta karya, tata boga, desain grafis, dan elektro, pelajaran seni budaya yang meliputi seni drama, seni musik, seni tari, dan seni rupa, pelajaran IPS, pelajaran bahasa Inggris, dan pelajaran bahasa Indonesia. Hasil karya dan kreativitas siswa dalam berbagai pelajaran tersebut yang ditunjukkan, ditampilkan untuk para orang tua.

Berbagai pelajaran tersebut mempunyai booth masing-masing. Setiap booth memiliki keseruan masing-masing. Booth untuk memamerkan  hasil karya anak tersebut memanfaatkan ruang-ruang kelas di lantai 2 dan lantai 3.

Booth matematika menarik minat dengan adanya lomba menyelesaikan rubik dengan cepat, permainan sudoku, dan permainan lainnya. Pengunjung yang berhasil menyelesaikan permainan mendapat beberapa merchandise yang menarik. Hal tersebut membuat pengunjung menjadi semangat. Selain itu, ada tempat favorit di booth ini untuk berswafoto ria dengan background Instagram.

Pelajaran IPS mendirikan booth yang menunjukkan mading (majalah dinding) hasil karya anak tentang budaya nusantara. Tidak hanya itu, siswa-siswi menyambut pengunjung dengan menggunakan pakaian adat khas nusantara, seperti pakaian adat Batak, Jawa, dan Betawi. Selain itu, ada makanan tradisional Batak dan Betawi yang dipamerkan.

Dalam bidang bahasa, booth yang ada merupakan gabungan antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Pada booth ini hasil karya anak yang ditunjukkan berbagai macam. Mading dalam bahasa Inggris dan naskah-naskah drama dalam bahasa Inggris dipamerkan. Selain itu, terdapat pula antologi cerpen dan fabel, serta puisi rakyat yang dikemas dalam berbagai produk.

Booth keterampilan menyajikan berbagai hal dan tidak kalah ramai. Pengunjung diberi kesempatan untuk belajar membatik dan mencoba permainan hasil karya siswa kelas elektro. Pengunjung pun diajak untuk menikmati hasil karya siswa-siswa, bahkan beberapa pengunjung bertanya pada guru bagaimana membuat hiasan yang menarik.

Booth seni budaya didominasi oleh hasil karya seni anak-anak dalam bentuk lukisan-lukisan dengan berbagai media. Kreativitas drama, tari, dan musik tidak ditampilkan pada booth ini. Kreativitas siswa-siswi tersebut ditampilkan di aula.

Hal menarik dapat ditemukan di booth fisika. Booth ini menunjukkan berbagai hal yang menerapkan teori fisika. Ada lava lamp yang menggunakan prinsip perbedaan massa jenis, milk marble yang menerapkan teori asam basa, PLTA mini, elephant toothpaste (pembersih), benang penuntun air, dan invisible glass yang menerapkan perbedaan indeks bias. Semua itu merupakan hasil karya anak yang dibimbing oleh para guru.

Booth biologi tidak kalah ramai dikunjungi. Hal tersebut karena booth ini menyajikan cek darah gratis. Pengunjung dapat mengecek golongan darah mereka. Cek darah pada booth ini juga menyajikan hasil kolestrol dan gula darah. Hal ini pun dikerjakan oleh siswa-siswi SMPK 4 PENABUR. Selain itu, ada hasil fermentasi berupa tapai dan yoghurt.

Science Day tidak hanya berhenti pada booth tersebut. Siswa-siswi melayani pula berbagai kreativitas mereka di aula. Penampilan tersebut dilihat oleh para orang tua yang menunggu pembagian rapor. Berbagai penampilan disajikan, mulai dari story telling, flashmob, musikalisasi puisi, lagu-lagu yang dibawakan oleh band, dan pertunjukkan tari. Penampilan siswa-siswi ini sangat memukau.

Last but not least, sembari mengunjungi booth yang ada telinga pengunjung dimanjakan oleh suara merdu siswa-siswi. Mereka melantunkan lagu-lagu dengan apik. Live music tersebut melengkapi semaraknya Science Day.

Science Day’s Photos :