JUMPER “Jumpa Pengarang” Bersama Kak Luna Torashyngu

JUMPER 2017

JUMPER “Jumpa Pengarang” Bersama Kak Luna Torashyngu

Pada tanggal 26 Oktober 2016, diadakan kegiatan JUMPER “Jumpa Pengarang”, dalam rangka bulan Bahasa yang jatuh pada bulan Oktober atas kerjasama Perpustakaan SMPK 4 PENABUR dan guru Mapel Bahasa Indonesia.  Acara ini diselenggarakan di Perpustakaan SMPK 4 PENABUR dengan narasumber  Luna  Torashyngu, yang biasa dipanggil  Kak Luna. Banyak sekali novel yang telah dia karang misalnya: Beauty and The Best, Victory, Dua Rembulan, Angel’s Heart, Lovasket series, D’angel series, Mawar Merah series, Love Detective, First Girl, Second Heart, dan masih banyak lagi.

Kegiatan ini dimulai pukul 12.30 WIB tetapi siswa-siswi sudah memenuhi ruang perpustakaan sejak pukul 12.00 WIB. Acara ini dibuka  oleh Ibu Esther  Mukim, S.Pd., M.Si. selaku Kepala Sekolah SMPK 4 PENABUR . Di dalam  acara ini, Kak Luna  pertama-tama memperkenalkan dirinya.  Bagaimana namanya menjadi Luna Torashyngu. Dalam bahasa Spanyol, Luna berarti “bulan”, sedang nama Torashyngu muncul karena Kak Luna suka banget segala hal berbau Jepang. Kalau nama asli memang masih dirahasiakan  oleh Kak Luna. Namun dia menjelaskan bahwa dia pernah mencantumkan nama aslinya di salah satu posting-an blog dan bukunya. Novel karangan Kak Luna yang dikoleksi perpustakaanpun ditandatangani oleh Kak Luna  sendiri. Padahal   jumlah buku nya lumayan banyak loh…ada kira-kira kurang lebih 30 eksemplar.  Hmmmm…benar-benar penulis yang low profile.

 Coba kalian lihat novel-novel  Kak Luna yang ada di Perpustakaan SMPK 4 PENABUR…di halaman awal novel semua ada tandatangan Kak Luna. Kak Luna  memberikan tips dalam menulis buku. Jika kita mau menulis buku, jangan terlalu banyak memikirkan teori , tulis  saja. Inspirasi bisa didapat dari mana  saja, maka  menulislah.  Jangan takut ditolak oleh penerbit. Karna Kak Luna sendiripun juga pada awalnya susah untuk tembus  ke penerbit. Tapi pada akhirnya banyak sekali  novel-novel Kak Luna yang diterbitkan.  Bahkan menjadi best seller.

Acara ini berlangsung  selama 2 jam dengan jumlah peserta yang melebihi target, karena ternyata banyak siswa yang berminat untuk ikut serta. Meski singkat, namun sarat informasi dan pengetahuan baru yang kita bisa dapatkan dari penulis yang low profile ini. Banyak siswa yang melayangkan pertanyaan kepada Kak Luna dengan antusias. Yang paling banyak ditanyakan siswa adalah bagaimana proses dari  novel yang mereka tulis bisa  diterbitkan dan bagaimana Kak Luna  menemukan inspirasi  atas novel-novel yang ditulisnya. Meskipun banyak juga yang penasaran mau tahu sneak peek dari novel barunya. Dan ternyata Kak Luna mau memberikan sedikit bocoran cerita… tetapi Kak Luna belum bersedia untuk spoiler. Acara ditutup dengan sesi tanda tangan. Dan siswa dan siswipun rela antri berbaris demi mendapatkan tanda tangan Kak Luna secara gratis. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, siswa dan siswi  tidak takut untuk menulis novel sehingga akan lahir penulis-penulis muda yang berbakat.

(Riana W.)

Jumper Photo’s :