Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS 2017

LDK OSIS SMPK 4 2016-2017

LDK? Apaan tuh?

Pada tanggal 4 Februari 2017 seluruh pengurus OSIS mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan atau LDK di SMPK 4. Program LDK ini adalah program tahunan yang wajib diikuti oleh semua siswa yang tergabung dalam OSIS. Karena dengan kegiatan LDK ini diharapkan tumbuh kesadaran dan kemandirian siswa terkait berbagai hal selama menjadi seorang pelajar dan anggota OSIS. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun jiwa kepemimpinan dan kewibawaan sebagai seorang pengurus OSIS.

Pada sesi pertama, para pengurus OSIS memulai kegiatan LDK dengan renungan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, mereka dibimbing oleh Ma’am Esther untuk mengikuti teladan dari buah. Salah satu di antaranya adalah “Jadilah manggis, banyak kebaikannya tapi tersimpan di dalam, jangan jadi jambu monyet, hanya satu kebaikannya (bijinya) tapi dipamerkan.”  Lalu sesi pertama diambil alih oleh Pak Istiadi. Beliau memperkenalkan tokoh-tokoh alkitab yang dipilih menjadi pemimpin untuk dijadikan teladan. Sesi pertama pun di akhiri dengan makan siang dan snack.

Pada sesi kedua, SMPK 4 kedatangan tamu dari PURE.TCO, yaitu lembaga pelatihan dan konsultasi yang menawarkan solusi untuk mencapai hasil yang telah kita inginkan.  Pertama, para kakak pembimbing memperkenalkan diri, lalu mereka mengajak para pengurus OSIS menyanyi dan bergaya lagu Mango. Setelah itu, kami terbagi menadi beberapa kelompok dan mendiskusikan tentang seorang pemimpin yang berani.

Setelah itu, kami debagi lagi dalam kelompok yang berbeda dan mengikuti serangkaian permainan yang melatih keterampilan dan kerjasama. Dibalik semua permainan itu, ada makna yang tersimpan. Misalnya, melatih kerja sama, ketenangan, kekuatan, dan masih banyak lagi. Acara LDK ditutup dengan foto bersama team dari PURE.TCO dan seluruh pengurus OSIS.

LDK Photo’s Gallery :