Mengukur Kemampuan Berbahasa Mandarin

MENGUKUR KEMAMPUAN BERBAHASA MANDARIN SISWA SMPK 4 MELALUI HSK & YCT

Apa itu HSK dan YCT? HSK singkatan dari Han Yu Shui Ping Kao shi (Chinese Profisiensi) semacam TOEFL atau ILT untuk bahasa Inggris. Jadi HSK adalah test untuk mengukur TOEFL bahasa Mandarin seseorang. Sedangkan YCT singkatan dari Youth Chinese Test yaitu test untuk mengetahui kemampuan berbahasa Mandarin khususnya untuk pelajar dan testnya bersifat basic (dasar). Penyelenggara test YCT dan HSK adalah Han Ban yaitu Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Mandarin yang berkedudukan di Beijing – China di bawah Kementerian Pendidikan China tentunya. Test ini dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah bahkan di seluruh dunia . Siswa-siswi SMPK 4 Penabur Jakarta mengikuti kegiatan Ujian YCT pada tanggal 16 Oktober 2009 yang diselenggarakan di Universitas Bunda Mulia, Lodan Jakarta. Hasil test siswa-siswi kami tentunya dikirim ke Beijing untuk diperiksa. Dan hasilnya baru dapat kami ketahui setelah dikirim dari Kementerian Pendidikan China kepada Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia pada bulan Februari 2010. Ternyata siswa-siswi SMPK 4 PENABUR Jakarta dari 20 peserta yang ikut semuanya lulus dengan prestasi nilai (grade) A. Dengan test ini siswa dapat mengetahui kemampuan mereka di bidang listening comprehension dan reading skills. Adapun rincian adalah sebagai berikut : 1.    Siswa yang mengikuti YCT tingkat 1  : 13 orang 2.    Siswa yang mengikuti YCT tingkat 2  : 5 orang 3.    siswa yang mengikuti YCT tingkat 3   : 2 orang Selamat kepada siswa-siswi yang telah lulus YCT baik tingkat 1, 2, maupun tingkat 3. Tuhan memberkati. “Jia You!” Guru Mandarin SMPK 4 (Hollie Marlen dan Julie)

mandarin 1

Siswa-siswi Nasional dan KBI bersama dengan Ibu Ieke (Kepala SMPK 4 PENABUR), Laoshi Hollie dan Laoshi Julie (pengajar Mandarin)

mandarin 2

Siswa-siswi Akselerasi bersama dengan Bapak Anton (Waka Aksel), Ibu M. Lie (Walas Aksel) dan Laoshi Hollie (pengajar Mandarin)